**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Rabu, 26 November 2014

Kiat Interview

Tulisan

Kiat Interview

Nama         : Ratih Nurdiyani Sari
Kelas         : 4IA12
NPM           : 55411894

Ada beberapa kiat yang bisa digunakan, tapi yang akan saya jabarkan adalah kiat yang biasa saya lakukan sebelum melakukan wawancara ditempat yang saya inginkan yaitu:

-  Yang pertama dilakukan adalah cek jadwal wawancara anda, sebelum pergi wawancara ada baiknya cek jadwal wawancara anda terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diingankan. Contohnya salah jadwal, jadwal terlewat atau datang terlalu cepat.

-  Setelah itu persiapkan diri dengan berlatih wawancara dengan teman, dosen, ataupun orang tua. Sangat efektif untuk menghilangkan gugup karena sudah berlatih sebelumnya.

-   Pahami jurusan atau bagian penempatan kerja yang kita ambil. Sebelum melakukan wawancara ada baiknya kita memahami bagian kerja yang kita ambil terlebih dahulu, baca atau berlatih untuk meningkatkan keahlian agar nantinya kita dengan mudah menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan jurusan atau bagian yang kita ambil.

-  Persiapkan berkas-berkas tambahan perusahaan jika diminta. Beberapa perusahaan selain meminta berkas untuk lamaran, kadang mereka juga meminta berkas lainnya seperti sertifikat kerja, kursus, atau surat kesehatan. Karena itulah kita harus mengecek ulang apakah berkas yang diminta perusahaan sudah kita siapkan atau belum.

-   Jika sudah tiba hari untuk wawancara datanglah lebih awal dari waktu wawancara untuk menghindari hal-hal yang tidak diingankan karena lamanya waktu wawancara tidak bisa ditentukan.

-  Berpakaian yang rapih atau sesuaikan dengan peraturan dari perusahaan. Biasanya pada tahap awal wawancara kita biasanya memakai kemeja putih dan bawahan kain bahan entah itu rok atau celana tapi ada juga perusahaan yang menginginkan calon karyawannya untuk langsung berpakaian kantor karena itu tanyalah lebih lanjut pada bagian personalia atau resepsionis pakaian apa yang biasa dikenakan untuk wawancara ditempat tersebut. Memang bukan masalah tapi ada baiknya kita mengetahui hal-hal seperti ini.

-      Berkelakuan baik. Entah itu sebelum atau sesudah wawancara kita harus berkelakuan baik. Tidak hanya dengan karyawan kantor, teman, tetapi juga orang-orang yang akan melakukan wawancara sehingga menimbulkan kesan bahwa anda orang yang menyenangkan.


Sekian kiat-kiat yang saya lakukan sebelum saya melakukan wawancara, ini adalah kiat yang biasa saya lakukan keran itu kurang lebihnya mohon maaf. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar