**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Jumat, 27 Maret 2015

Teori Komputasi dan Implementasi


Pengantar Komputasi Modern
TUGAS 1
(Individu) 
Teori Komputasi dan Implementasi oleh:
Nama : Ratih Nurdiyani Sari
NPM : 55411894
Kelas : 4IA12

Teori Komputasi

1.      Abstraksi
Menurut beberapa sumber yang menjelaskan tentang teori komputasi, komputasi dapat kita artikan sebagai cara menemukan sebuah permasalahan dengan menggunakan algoritma. Sedangkan secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Referensi(2014-2015)
2.      Pendahuluan
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan penadan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains)[1].
3.      Pembahasan
Menurut beberapa sumber yang menjelaskan tentang teori komputasi, komputasi dapat kita artikan sebagai cara menemukan sebuah permasalahan dengan menggunakan algoritma. Sedangkan secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains)[1].
Komputasi adalah sebuah istilah umum untuk segala jenis pemrosesan informasi untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan sebuah subjek dari Komputer Sains, yang menganalisa apa yang bisa maupun tidak bisa dilakukan secara komputasi[2]
Teori komputasi sendiri memiliki dua buah cabang teori yang berbeda yaitu teori kompubilitas dan teori kompleksitas. Berikut penjelasan singkat tentang perbedaan dua teori diatas.
  1. Teori komputabilitas adalah memeriksa batasan-batasan berbagai model teoretis komputer, termasuk model yang dikenal paling berdaya.
  2. Sedangkan Teori kompleksitas adalah pengkajian traktabilitas oleh komputer; beberapa masalah, meski secara teoretis terselesaikan oleh komputer, tetapi cukup mahal menurut konteks waktu dan ruang, tidak dapat dikerjakan secara praktis, bahkan dengan cepatnya kemajuan perangkat keras computer[2].
Berikut beberapa implementasi komputasi pada bidang ilmu pengetahuan:
  1. Pada bidang Matematika, Terdapat numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah – masalah matematika.
  2. Pada bidang Fisika, Terdapat Computational Physics yang mempelajari algoritma numerik untuk memecah kan teori kuantitatif fisika yang ada.
  3. Pada bidang Kimia, Terdapat Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk  membantu menyelesaikan masalah kimia, contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul.
  4. Pada bidang Geografi, Terdapat penggunaan komputasi yang diterapkan pada GIS (Geographic Information System) yang berguna untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa informasi geografi.
  5.  Pada bidang  Geologi, Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertambangan, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.
  6. Pada bidang  Ekonomi, Terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.
  7. Pada bidang  Sosiologi, Terdapat Computational Sosiology yaitu penggunaan metode komputasi dalam menganalisa fenomena sosial. 
  8. Pada bidang  Biologi, Terdapat Bioinformatics merupakan aplikasi dari teknologi informasi dan   ilmu komputer dalam penelitian bidang biologi molekuler[3].
Banyak manfaat yang terjadi dengan adanya komputasi modern, diantaranya adalah:
  1. Perhitungan-perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan manuisa dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.
  2. Lahirnya komputer dapat membantu pekerjaan manusia, dalam berbagai bidang. Misalnya pada bidang kedokteran, pertanian, astronomi, teknologi, ekonomi dan lainnya. Bahkan komputer sekarang telah ada dalam hampir semua bidang di dunia ini[3].
4.      Penutup
Komputasi adalah segala jenis pemrosesan informasi baik berupa perhitungan maupun algoritma yang digunakan untuk membantu memecahkan masalah dari data inpu dan dapat di implementasikan ke dalam cabang ilmu lainnya.

5.      Referensi

[1] Pengertian Komputasi             : http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi, tanggal akses 17 Maret 2015.
[2] Teori Komputasi                :http://satriosite.blogspot.com/2015/03/teori-komputasi-dan-implementasi-dalam.html, tanggal akses 17 Maret 2015.

[3] Teori Komputasi                : https://amoekinspirasi.wordpress.com/2014/03/16/perkembangan-teori-komputasi-dan-implementasinya/, tanggal akses 17 Maret 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar