Oleh :
-
Esti Wulandari
-
Ratih Nurdiyani Sari
-
Riri Riandita
-
Rofatul Widad
Arashi
Game adalah sebuah permainan Othello yang berfungsi untuk melatih otak untuk
berpikir bagaimana menguasai seluruh jalannya permainan, selain itu permainan
ini bisa juga digunakan untuk pemahaman edukasi anak maupun orang dewasa karena
fungsinya tersebut. Dimana pengertian Othello sendiri adalah suatu permainan yang menggunakan konsep
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau yang
sering disebut dengan AI pada game itu terletak pada komputer yang akan
bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan
cara menutup langkah pemain untuk membentuk sebuah garis, komputer dapat
menyusung strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Arashi Othello merupakan
salah satu contoh permainan Othello yang di dalam permainan nya menggunakan
kecerdasan buatan(AI). Othello atau disebut juga reversi adalah permainan yang
menggunakan papan berisi kotak sebanyak 8x8 antara dua orang pemain.
Pada awal permainan, game ini terdiri dari 64 petak
kosong yang tersusun oleh 8 baris dan 8 kolom yang nantinya akan dipakai untuk area
permainan. Di dalam permainan ini terdapat
2 karakter yaitu karakter AKB48 yang digunakan untuk user dan karakter ARASHI
digunakan oleh komputer. Pada permainan ini hanya dimainkan oleh 1 user
sedangkan komputer bertindak sebagai
lawan. Pada tampilan awal permainan ini, user bisa
langsungkan memainkan game ini kemudian user dapat menaruh karakter pada area permainan yang telah disediakan.
Pada permainan tampilan awal permainan ini, terdapat tampilan menu yang
bertujuan untuk membantu user. Tampilan menu tersebut berisi New Game, info, dan
help. New game berfungsi untuk melakukan kembali permainan
ke awal permainan jika user telah
selesai melakukan permainan atau ditengah-tengah jalan user sudah menyerah, info digunakan apabila user
ingin melihat keterangan tentang cara bermain, dan button tambahan yang berada
disamping button menu yaitu exit digunakan untuk keluar dari permainan dan help digunakan untuk
petunjuk permainan. Untuk membuat pemain nyaman, pada game ini diberi sebuah
latar belakang(background).
Berikut ini
merupakan tampilan awal pada permainan Arashi Othello :
Menu yang terdapat pada
Arashi Game:
1.
Ukuran Layar Kedua 640 x 480.
2. • Gambar : 1,
merupakan bidak milik CPU.
• Gambar : 2, merupakan bidak milik Player.
• Gambar : 2, merupakan bidak milik Player.
3. • Menubar New Game untuk memulai
permainan baru.
• Menubar Exit untuk keluar dari permainan.
• Menubar Exit untuk keluar dari permainan.
Berikut
ini adalah cara bermain yang dipakai dalam permainan ini :
- Terdapat 64 kotak yang telah tersedia diisi secara bergantian antara
player dan computer.
- Dengan cara mengklik kiri
pada mouse dan arahkan kursor kearah kotak jika salah satu pemain ingin
berjalan.
- Jika anda (player) main sebagai giliran pertama, maka pemain
tersebut memilih kotak yang ingin diisi, kemudian giliran lawan (computer)
yang memilih kotak yang diinginkan diisi.
- Jika kotak yang telah disediakan telah habis atau penuh dan berhasil
membuat tanda berurut baik secara horizontal, vertikal dan diagonal dengan
jumlah terbanyak diantara salaah satu pemain maka permainan berhenti dan
berakhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar