**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Senin, 30 Juni 2014

Arashi Game




Oleh    :
-          Esti Wulandari
-          Ratih Nurdiyani Sari
-          Riri Riandita
-          Rofatul Widad

Arashi Game adalah sebuah permainan Othello yang berfungsi untuk melatih otak untuk berpikir bagaimana menguasai seluruh jalannya permainan, selain itu permainan ini bisa juga digunakan untuk pemahaman edukasi anak maupun orang dewasa karena fungsinya tersebut. Dimana pengertian Othello sendiri adalah  suatu permainan yang menggunakan konsep Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game itu terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user dengan cara menutup langkah pemain untuk membentuk sebuah garis, komputer dapat menyusung strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Arashi Othello merupakan salah satu contoh permainan Othello yang di dalam permainan nya menggunakan kecerdasan buatan(AI). Othello atau disebut juga reversi adalah permainan yang menggunakan papan berisi kotak sebanyak 8x8 antara dua orang pemain.

Pada awal permainan, game ini terdiri dari 64 petak kosong yang tersusun oleh 8 baris dan 8 kolom yang nantinya akan dipakai untuk area permainan. Di dalam permainan ini terdapat  2 karakter yaitu karakter AKB48 yang digunakan untuk user dan karakter ARASHI digunakan oleh komputer. Pada permainan ini hanya dimainkan oleh 1 user sedangkan  komputer bertindak sebagai lawan. Pada tampilan awal permainan ini, user bisa langsungkan memainkan game ini kemudian user dapat menaruh karakter pada area permainan yang telah disediakan. Pada permainan tampilan awal permainan ini, terdapat tampilan menu yang bertujuan untuk membantu user. Tampilan menu tersebut berisi New Game, info, dan help. New game berfungsi untuk melakukan kembali permainan ke awal permainan jika user  telah selesai melakukan permainan atau ditengah-tengah jalan user sudah menyerah, info digunakan apabila user ingin melihat keterangan tentang cara bermain, dan button tambahan yang berada disamping button menu yaitu exit digunakan untuk keluar dari permainan dan help digunakan untuk petunjuk permainan. Untuk membuat pemain nyaman, pada game ini diberi sebuah latar belakang(background).
Berikut ini merupakan tampilan awal pada permainan Arashi Othello :

                       


Menu yang terdapat pada Arashi Game:
1.      Ukuran Layar Kedua 640 x 480.
2.   • Gambar : 1, merupakan bidak milik CPU.
• Gambar : 2
, merupakan bidak milik Player.
3.   • Menubar New Game untuk memulai permainan baru.
• Menubar
Exit untuk keluar dari permainan.
Berikut ini adalah cara bermain yang dipakai dalam permainan ini :
  1. Terdapat 64 kotak yang telah tersedia diisi secara bergantian antara player dan computer.
  2.  Dengan cara mengklik kiri pada mouse dan arahkan kursor kearah kotak jika salah satu pemain ingin berjalan.
  3. Jika anda (player) main sebagai giliran pertama, maka pemain tersebut memilih kotak yang ingin diisi, kemudian giliran lawan (computer) yang memilih kotak yang diinginkan diisi.
  4. Jika kotak yang telah disediakan telah habis atau penuh dan berhasil membuat tanda berurut baik secara horizontal, vertikal dan diagonal dengan jumlah terbanyak diantara salaah satu pemain maka permainan berhenti dan berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar