**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Senin, 19 November 2012


Nama : Ratih Nurdiyani Sari
Kelas : 2IA12
NPM : 55411894

NEW MEDIA
5       Contoh  Aplikasi New Media :
1.      Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

-          Fitur Web Pada Facebook.
Facebook adalah sebuah situs web jaringan sosial yang didirikan tahun 2004. Berikut adalah daftar fitur yang dapat ditemukan di situs web Facebook, termasuk fitur teknologi situs tersebut.
·         Chat
·         Facebook Live
·         IPv6
·         Networks, Grups, dan Like Page
·         Notivications
·         Application
·         FBML
·         Facebook Markup Language (FBML) dianggap sebagai HTML versi Facebook. Sejumlah tag HTML dapat dipakai di FBML, namun ada beberapa tag penting yang tidak bisa dipakai seperti HTML, HEAD dan BODY. Selain itu, JavaScript juga tidak dapat digunakan di FBML.

·         Dll.

-           Kelebihan Dan Kekurangan Facebook

·         KELEBIHAN FACEBOOK :

Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.

Comments
, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.

Notes & Tagging Notes
, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.

Chat,
pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.

Games,
pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.

Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas ataupun kampuss.

Fitur-fitur tersebutlah yang membuat para pengguna facebook betah untuk berlama-lama menggunakannya.
Menurut saya, kelebihan utama dari kepemilikan sebuah account facebook adalah kita bisa menemui kembali teman-teman lama kita, walaupun hanya didalam dunia maya, namun itu akan menjadi hubungan pertemanan yang berlanjut, dengan begitu kita bisa berkomunikasi kembali dengan mereka. Sedangkan,

·         KEKURANGAN FACEBOOK :

kekurangannya mungkin sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama skali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan. Lalu facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk teruss menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers). Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll...
-          Dampak Positif dan Negatif Facebook
v  Dampak Positif
1.      Mempererat silaturahmi
2.      Mengetahui potensi diri
3.      Media promosi
4.      Sarana diskusi
v  Dampak Negatif
a)      Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia untuk hal yang kurang bermanfaat
Apa lagi kalau sudah kena sindrom facebookholic alias kecanduan.
-          Manfaat Facebook
Sebagai media untuk mempromosikan suatu barang atau
jasa, mempermudah penggalangan dana saat bencana alam, dll

2.      Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
-          Fitur Web Twitter

a.       Follow –> Subscribe
b.      Mention –> Tag
c.       Retweet –> Share

-          Kelebihan Dan Kekurangan
·         Kelebihan :
1.      walaupun terbilang baru namun mampu menyita banyak member walaupun tak sebanyak facebook.
2.      banyak artis yang sering menggunakan twitter daripada facebook sehingga memancing fansnya juga memakai twitter.
3.       Dalam twitter jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow', jika di facebook harus menunggu konfirmasi dari orang yang di add.
4.      dapat lebih mudah mengganti status dengan sekali tombol 'tweet'.
5.      kita dapat mengubah gambar layout. Layout dapat berupa gambar default yang disediakan oleh twitter maupun foto kita sendiri, jadi akan tampak lebih cantik.
·         Kekurangan :
1.      karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter,, jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
2.      Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
3.      dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
4.      foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto layaknya dalam facebook.
5.      biodata pribadi juga sangat sedikit dibanding facebook yang menampung biodata yang cukup kompleks.
6.      dalam twitter tidak tersedia fitur chatting seperti di facebook sehingga tidak tahu siapa saja waktu itu yang sedang online.
7.      untuk upload gambar dibatasi ukurannya. Tidak seperti di facebook yang mencapai 4mb, pada twitter dibatasi cuma 1mb.

-          Dampak Positif dan Negatif dari Twitter
*      Dampak Positif :
1.      Menambah teman kita
2.       Mendapatkan informasi yang terbaru dan terkini, maksudnya kita akan mendapatkan sebuah informasi yang terbaru dan terkini dari twitter, jadinya kita tidak ketinggalan berita. contoh yang pernah dialami oleh saya. ketika presiden AS Barack Obama ke UI, 5 jam sebelum kedatangan presiden as itu jalan margonda  di sterilkan dari kendaraan, nah berita disterilkan ini saya dapatkan dari twitter, sehingga saya bisa memutar jalan menuju kampus supaya tidak melewati jalan margonda ini.
3.       Bisa Memata-matai aktivitas teman,idola kita. maksudnya kita dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh teman /idola kita dengan melihat status mereka. nah loh, ketahuan ya pada memata-matai temannya.hehe
4.       Twitter bisa sebagai tempat bisnis dan promosi. bila kita wirausahawan kita dapat menjadikan jejaring sosial ini sebagai media iklan usaha.
5.       Meraih ketenaran dan populer. maksudnya disini kita akan menjadi tenar ditwitter dan diketahui diseluruh dunia. contohnya shinta dan jojo yang terkenal akibat video keong racun.
6.       menjaga hubungan teman dengan teman lama sehingga tidak putus kontak.
7.      dan masih banyak lagi.
*      Dampak Negatif :
1.       Membuat Kecanduan. ini dampak negatif yang terjadi dari twitter sehingga orang akan menghabiskan waktunya buat ngetweets dan melupakan tugas di kehidupannya. contoh bisa lupa mengerjakan tugas di kampus karena keseringan ngetweets
2.  Membuat Malas. maksudnya dapat membuat orang tidak melakukan kegiatannya.
3.  Menghabiskan waktu.
-          Manfaat Twitter
1.      Media Riset.
2.      Networking.
3.      Promosi & Marketing.

3.      Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.
-          Fitur Web pada Youtube
a.       Upload
b.      Music
c.       Entertainment
d.      Video
e.       Dan kini ada yang terbaru dari youtube yakni Editing Blur Foto
f.       Youtube juga kini bekerja sama dengan Google+ dalam pengembangan web nya.
-          Kelebihan dan Kekurangan Youtube
·         Kelebihan
a.      bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
b.      sebagai ajang promosi diri
c.       bisa mendownload setiap video
d.      bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
e.       ukurannya ada yang HD, bisa di download
f.       videonya banyak
·         Kekurangan

a.        bisa disalahgunakan penggunanya
b.      banyak informasi yang menyesatkan
c.       banyak negara yang memblok Youtube
d.      Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
e.        gambarnya tersendat sendat
f.        banyak video dengan kualitas buruk
g.       tidak cocok untuk slow conection
h.       tidak bias download secara langsung

-          Dampak Positif dan negatif

ü  Dampak Positif
- Dapat mencari video tutorial
- Bisa menjadi artis dadakan
- Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
- Dapat mencari video unik dan lucu
- Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
ü  Dampak Negatif
- Dapat dipakai untuk mencari video porno
- Video-video kekerasan
- Video yang dapat memperjelek nama seseorang

-          Manfaat Youtube
Youtube bisa digunakan untuk mencari info, media hiburan dimana kita bisa mengakses berita, music dan lagu, informasi dunia, film dll. Selain itu juga sebagai sarana promosi, menambah pengetahuan dan masih banyak lagi.

4.      Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

-          Fitur Web pada Blog
Blog banyak memiliki fitur-fitur didalamnya, ini beberapa contoh fitur yang banyak digunakan didalam blog:
a.       Search YouTube.
b.       Weather forecast.
c.       this day in History.
d.      World Clock.
e.       Astronomy Picture of the Day. Dll
-          Kelebihan dan Kekurangan Blog

·         Kelebihan Blog
a.       Di sponsori oleh Google
b.      Mudah dalam penempatan google adsense
c.       Pilihan gadget sangat banyak
d.      File CSS dan HTML bisa diedit dan dimodifikasi sesuka kita
e.       Dapat memposting melalui E-mail dan MMS di Hp
f.       Kemudahan dalam mengatur page elements
g.      Kemudahan dalam merubah warna themes dan lainya melalui kode HTML
h.      Bisa dipasang kode HTML sendiri dan Javascript
i.        Blogspot lebih cepat di-index oleh Google
j.        Sangat cocok untuk bisnis
k.      Gratis
·         Kekurangan Blog
o   Tidak ada tags keyword
o   Desain tempalate sedikit
o   Blogspot hanya menyediakan file upload untuk gambar-gambar saja
o   Tampilan dashboard sederhana


-          Dampak Positif dan Negatif

Dampak Positif
a.       Menambah wawasan
b.      Menjalin pertemanan
c.       Berbagai informasi
d.      Diari pribadi
Dampak Negatif
a.       Kecanduan
b.      Mengurangi hubungan social
c.       Kelelahan. Dll

-          Manfaat Blog
Banyak sekali manfaat blog yang harus kita ketahui, yaitu sebagai ajang menambah wawasan, menjadi seorang peneliti, menjadi penulis yang baik, menambah teman, dan dapat membantu orang lain dengan menyebarkan informasi yang mereka butuhkan.

5.      Google Wave
Google Wave adalah sebuah alat komunikasi yang membantu para pengguna internet untuk dapat berkomunikasi dan berkolaborasi di web secara realtime. Wave merupakan percakapan dan dokumen , dimana para penggunanya dapat berkomunikasi dan bekerjasama dengan teks berformat foto, video, peta, dan banyak lagi. Google Wave dirancang dan dipersiapkan oleh Google yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan komunikasi layaknya email dan instant messaging dengan cara yang terbaru. Hal ini menjadi terobosan terbaru di dunia internet. Kasarnya anda dapat membawa kelompok teman atau rekan bisnis anda bersama untuk mendiskusikan apa saja yang terjadi dan anda juga dapat berbagi data.

-          Fitur yang dimiliki
·         Real-time: Dalam segala hal, anda dapat melihat apa yang sedang orang lain ketik dari karakter per karakter, bukan hanya melihat pesan “...sedang typing”.
·         Embeddability: Waves dapat menyimpan data ke blog atau website.
·         Applications and Extensions: Sama seperti halnya dengan Facebook ataupun iGoogle gadget, sang pemilik akun dapat membuat aplikasinya sendiri untuk wave.
·         Wiki functionality: Semua yang ditulis di dalam Google Wave dapat di edit oleh orang lain karena semua percakapan di antara masing - masing statusnya terhubung. Sehingga anda dapat memperbaiki informasi menambahkan informasi bahkan menambahkan komentar anda sendiri saat melakukan percakapan.
·         Open source: Google Wave akan diberikan secara langsung dari sumbernya, untuk mempercepat inovasi dan adaptasi para developer.
·         Playback: Anda dapat melihat pada bagian manapun di dalam wave untuk melihat urutan pembicaraan.
·         Natural language: Google Wave dapat melakukan autocorrect pada spelling, bahkan dapat mengetahui perbedaan antara kata yang mirip seperti, “been” dan “bean.”
·         Drag-and-drop file sharing: Tidak memerlukan attachment; anda dapat langsung menarik data anda dan meletakknya kedalam Google Wave dan lainnya akan dapat mengakses.

-          Kelebihan dan Kekurangan
·         Kelebihan
Adalah sesuatu ini dilakukan secara real time. Anda bisa melihat teman Anda menulis sesuatu huruf per huruf (ingat, bukan per kata atau per kalimat), bahkan jika iseng bisa langsung mengedit tulisan tersebut saat teman Anda belum selesai menulis kalimatnya. Satu “conversation” antara Anda dan teman Anda itu disebut wave. wave bisa dilakukan oleh 2 orang atau lebih. Lebih ini sebanyak berapapun Contacts yang kita mau.
·         Kekurangan
Google Wave ini tidak akan bekerja secara optimal jika Anda tidak banyak punya Contacts (atau bahkan tidak punya Contacts sama sekali). Tapi memang saat ini undangan untuk mencoba Google Wave sangatlah terbatas.

-          Manfaat Google Wave

a.       Organizing Events
Mengorganisi aktifitas menjadi lebih dengan google have, karena sudah dilengkapi berbagai macam gadget, seperti tambah info cuaca, map dan lain-lain.
b.      Group Project
Dengan fitur ini aktifitas diskusi mengenai suatu topik akan lebih solid, uptodate, realtime.
c.       Photo Sharing
Seperti layanan photo sharing lainnya, kelebihannya support drag 'n drop
d.      Meeting Notes
menyiapkan agenda pertemuan secara online realtime bersama-sama.
Anggota diskusi bisa melihat hasil secara langsung dan mereview hasil diskusi dengan fitur playback
e.       Brainstorming
tuangkan ide-ide kreatif, cemerlang pada teman anda,
sangat mudah untuk menambahkan konten, seperti video, image, link, dan lainnya.

Itulah ke 5 contoh aplikasi new media dan analisisnya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar