Pada
kesempatan kali ini saya dan teman sekelas saya menghadiri sebuah seminar tepatnya pada tanggal 10 Juni 2014 lalu
bertempat di Aula gedung 4 Universitas Gunadarma Depok. Dengan seminar yang
bertajuk OPEN LECTURE “Game Industry,
Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang diselenggarakan oleh
pihak Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Good Game Campus. Berikut
review yang saya buat pada seminar ini sesuai dengan tema para narasumber :
-
Narasumber Pertama yaitu Bpk Andreas selaku Tim UG IBC
Outline
: 1. Game Yesterday & Today
2. Game Component
1.
Game Yesterday & Today
Merupakan
game popular yang nantinya akan dikenang sepanjang masa, game ini membandingkan
Antara game sederhana tetapi selalu dimainkan atau dengan game dengan grafik
yang besar dan tidak selalu dimainkan atau hanya terbatas pada computer yang
dipakai.
2.
Game Component
Adalah
komponen- komponen didalam game atau bisa juga isi dari game itu sendiri. Game
component terdiri dari dua bagian yaitu Content dan Engine.
Content
sendiri terdiri dari:
-
Sound atau suara,
-
Effect atau efek game tersebut,
-
Lighting atau pencahayaan,
-
Level design atau desain level dan
-
Animation atau pergerakan animasinya
-
dll
Dan
untuk Engine hanya terdiri dari Motion capture dimana motion caputer ini adalah
hal yang paling penting
Faktor
lainnya yaitu:
1. Playability
and game play
2. How
fun are the Game
3. Price
4. Innovation
only god when these two above factor are met.
5. Timing
6. Play
by industry
7. Innovation
controller game
-
Narasumber kedua yaitu Wong Lok Dien
Dengan
judul “The Rise Of Gaming”
Disini
Narasumber menjelaskan tentang potensi yang bisa diraih Indonesia sebagai
populasi terbesar ke empat di dunia dengan pengguna mobile yang lebih besar
dari populasi itu sendiri, artinya setiap orang di Indonesia setidaknya
memiliki 2 mobile.
Tahap-tahap
pembuatan game yang baik, yaitu:
-
Bunch of references. Untuk membuat suatu
game yang baik diperlukan beberapa referensi game-game yang sudah ada kemudian
digabungkan dan diperbarui lagi menjadi game yang up to date.
-
Free & Easy to Use tools. Setelah
memiliki beberapa referensi game, saatnya mengimplementasikannya ke dalam
aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan untuk menggunakan peralatan yang
gratis dan mudah dalam penggunaannya.
-
Monetize ready. Apabila game yang telah
kita buat telah selesai dengan baik kita sudah siap untuk menampung pundi-pundi
uang.
-
Open market. Dari semua tahap inilah
tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat ditemukan disemua
market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend di masa sekarang.
Selain
tahapan di atas ada juga tahapan yang dimulai dari diri kita sendiri.
-
Concept
-
Execution
-
Access to market
-
Marketing/promotion
-
Service and Promotion
-
Narasumber Ketiga yaitu Kim Kyoung Hwan
Dengan judul “Game Engine Unity3D”
Unity 3D platform Antara lain:
® IOS
® Android
® Flash
® PC
® MAC
® PS3
® XBOX
360
® WII
® Web
Player
® Blackberry
Game
selain dibuat oleh programmer orang dari non-programmer pun dapat membuatnya,
pekerjaan yang dapat dihasilkan oleh non-programming:
-
Grade 2 Student work Animation Department
-
Indie Game
-
Graphic Design home alone
-
Narasumber ke Empat : Steven Cho
Dengan
judul “Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories”
-
Global mobile market game memerlukan
device yang banyak untuk penembangannya. Sudah banyak platform yang mendukung
seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
-
Untuk pemasaran global mobile market
sangat meningkat dibandingkan game PC.
-
Di Amerika pada awalnya menghasilkan
game untuk PC, namun setelah apple muncul, game dari platform PC berubah
menjadi game berbasis mobile platform. Pemakaian mobile game sendiri terbilang
sangat banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang sudah
menggunakannya.
-
Di Asia pun tidak kalah pemakaiannya.
Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat kita jumpai sedang asyik
memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena itu apabila kita ingin
menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya dibuat secara global atau
umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang kita buat tanpa harus
terbentur usia.
Company
game mobile Korea yang sukses antara lain:
1. Gamevil
2. Com2us
3. Pictosoft
4. Talk
5. SundayTOZ
6. pAti
7. nfx
Demikian Review yang
saya buat tentang seminar kali ini. Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar