**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Selasa, 17 Juni 2014

Resume Seminar Game OPEN LECTURE “Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges”


Pada kesempatan kali ini saya dan teman sekelas saya menghadiri sebuah seminar  tepatnya pada tanggal 10 Juni 2014 lalu bertempat di Aula gedung 4 Universitas Gunadarma Depok. Dengan seminar yang bertajuk  OPEN LECTURE “Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Good Game Campus. Berikut review yang saya buat pada seminar ini sesuai dengan tema para narasumber :

-          Narasumber Pertama  yaitu Bpk Andreas  selaku Tim UG IBC
Outline : 1. Game Yesterday & Today
  2. Game Component

1.      Game Yesterday & Today
Merupakan game popular yang nantinya akan dikenang sepanjang masa, game ini membandingkan Antara game sederhana tetapi selalu dimainkan atau dengan game dengan grafik yang besar dan tidak selalu dimainkan atau hanya terbatas pada computer yang dipakai.

2.      Game Component
Adalah komponen- komponen didalam game atau bisa juga isi dari game itu sendiri. Game component terdiri dari dua bagian yaitu Content dan Engine.
Content sendiri terdiri dari:
-          Sound atau suara,
-          Effect atau efek game tersebut,
-          Lighting atau pencahayaan,
-          Level design atau desain level dan
-          Animation atau pergerakan animasinya
-          dll
Dan untuk Engine hanya terdiri dari Motion capture dimana motion caputer ini adalah hal yang paling penting
Faktor lainnya yaitu:
1.      Playability and game play
2.      How fun are the Game
3.      Price
4.      Innovation only god when these two above factor are met.
5.      Timing
6.      Play by industry
7.      Innovation controller game


-          Narasumber kedua yaitu Wong Lok Dien

Dengan judul “The Rise Of Gaming”
Disini Narasumber menjelaskan tentang potensi yang bisa diraih Indonesia sebagai populasi terbesar ke empat di dunia dengan pengguna mobile yang lebih besar dari populasi itu sendiri, artinya setiap orang di Indonesia setidaknya memiliki 2 mobile.
Tahap-tahap pembuatan game yang baik, yaitu:
-          Bunch of references. Untuk membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa referensi game-game yang sudah ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi menjadi game yang up to date.
-          Free & Easy to Use tools. Setelah memiliki beberapa referensi game, saatnya mengimplementasikannya ke dalam aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan untuk menggunakan peralatan yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
-          Monetize ready. Apabila game yang telah kita buat telah selesai dengan baik kita sudah siap untuk menampung pundi-pundi uang.
-          Open market. Dari semua tahap inilah tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat ditemukan disemua market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend di masa sekarang.

Selain tahapan di atas ada juga tahapan yang dimulai dari diri kita sendiri.

-          Concept
-          Execution
-          Access to market
-          Marketing/promotion
-          Service and Promotion


-          Narasumber Ketiga  yaitu Kim Kyoung Hwan

Dengan judul “Game Engine Unity3D”
Unity 3D platform Antara lain:
®    IOS
®    Android
®    Flash
®    PC
®    MAC
®    PS3
®    XBOX 360
®    WII
®    Web Player
®    Blackberry
Game selain dibuat oleh programmer orang dari non-programmer pun dapat membuatnya, pekerjaan yang dapat dihasilkan oleh non-programming:
-          Grade 2 Student work Animation Department
-          Indie Game
-          Graphic Design home alone

-          Narasumber ke Empat : Steven Cho

Dengan judul “Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories”
-          Global mobile market game memerlukan device yang banyak untuk penembangannya. Sudah banyak platform yang mendukung seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
-          Untuk pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC.
-          Di Amerika pada awalnya menghasilkan game untuk PC, namun setelah apple muncul, game dari platform PC berubah menjadi game berbasis mobile platform. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang sudah menggunakannya.
-          Di Asia pun tidak kalah pemakaiannya. Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat kita jumpai sedang asyik memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena itu apabila kita ingin menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya dibuat secara global atau umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang kita buat tanpa harus terbentur usia.
Company game mobile Korea yang sukses antara lain:
1.     Gamevil
2.     Com2us
3.     Pictosoft
4.     Talk
5.     SundayTOZ
6.     pAti
7.     nfx
Demikian Review yang saya buat tentang seminar kali ini. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar