**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Minggu, 23 Maret 2014

Pengantar Teknologi Game

#Pengantar Teknologi Game

Nama : Ratih Nurdiyani Sari
NPM : 55411894
Kelas : 3IA12

Profesi Seputar Industri Game

Perkembangan industri game di Indonesia terus menunjukkan perkembangannya. Banyak pengembang game lokal Indonesia yang telah menghasilkan karya yang luar biasa.Dukungan terhadap tumbuhnya industri game di Indonesia terus diperkuat salah satunya melalui event seperti Game Developers Gathering. Berbagai macam profesi pun turut andil dalam Industri Game ini, contohnya Game Developer yang bekerja khusus dibidang teknologi game dan apapun yang berhubungan dengan pembuatan Game tersebut.

Berikut beberapa Profesi Dalam Industri Game :


1)      Design part

Design part terbagi menjadi beberapa diantaranya:
a.       Game Designer
Bertugas membuat konsep utama dari game, mulai dari game mechanics sampai game world. Game designer terlibat dalam berbagai macam aspek dalam pengembangan game. Tugasnya antara lain mendesain cerita dalam game, bagaimana pemain mengkontrol karakter dalam game, nama level, judul game, aturan main dalam game, mendesain level, dan lain-lain.
b.      Level Designer
Bertugas membuat level atau misimisi yang harus diselesaikan oleh pemain.
c.       Game Writer
Bertugas membuat cerita dalam game, semua dialog dalam game, dan membantu game designer menyusun Game Design Document.

Bedanya Game designer & Game Level designer:
·         Game Designer berhubungan erat dengan game system, gameplay, dan formula. Lebih erat hubungannya dengan programer/ engineer.
·         Game Level Designer berhubungan erat dengan map & environment. Lebih erat hubungannya dengan  environment artist.
·         Tapi di beberapa perusahaan, kedua jabatan ini digabung jadi satu : Game Designer.

2)      Programming part
Semua yang ada pada game membutuhkan program agar berfungsi sebagaimana mestinya. Inilah makanan programer sehari-hari. Selain membuat program untuk game, pada proyek game dengan skala menengah ke atas kadang programmer membuat tool untuk membantu artist membuat efek-efek pada game.

Programming part terbagi menjadi beberapa diantaranya:
a.       Game Programmer
Bertugas mengimplementasi semua game logic dan fiturfitur spesifik dalam game.
b.      Graphic Programmer
Bertanggung jawab atas setiap aspek grafis dalam game, mulai dari menampilkan objek ke layar, sampai efekefek seperti bloom atau particle.
c.       AI Programmer
Bertanggung jawab membuat kecerdasan buatan dalam game, mencakup AI lawan seperti monster atau AI NPC.
d.      Physics Programmer
Bertanggung jawab membuat efekefek yang merupakan simulasi dari fenomena fisika di alam. Contohnya adalah gravitasi, tumbukan, dan lainlain.
e.       Audio Programmer
Bertanggung jawab mengintegrasikan berbagai audio ke dalam game, seperti sound effect, voice over, sampai BGM.
f.       Tools Programmer
Bertugas membuat game tools seperti world editor atau level editor.

3)      Art part
Jika animator berperan dalam membuat sesuatu yang bergerak, maka art berperan dalam membuat benda-benda yang diam. Dari konsep karakter, tampilan “dunia” dalam game, sampai tampilan antar muka dalam game. Biasanya mereka juga membuat konsep gambar pada pre-produksi ketika membuat proposal untuk dikirim ke penerbit game (atau disebut dengan proses “Pitch”).

Art part terbagi menjadi beberapa diantaranya:
a.       Concept Artist
Bertugas untuk membuat concept art sebuah game, yang akan menentukan art style dari game yang bersangkutan.
b.      2D Artist
Bertugas untuk membuat asset 2D yang digunakan dalam game, seperti character sprite atau background image.
c.       3D Modeler
Bertugas membuat 3D model untuk game, mulai dari objek lingkungan seperti pohon atau bangungan, sampai objek karakter atau monster.
d.      Texture Artist
Bertugas membuat tekstur dari 3D model yang sudah dibuat. Tekstur tersebut dapat berupa tekstur buatan atau modifikasi dari tekstur benda nyata.
e.       Animator
Bertugas memberi bone pada 3D model dan membuat animasi untuk model tersebut. Didalam sebuah game setidaknya ada objek yang bergerak. Objek yang bergerak tentu saja harus dianimasikan terlebih dahulu dan Animator lah yang mempunyai tugas seperti itu. Animator bertugas “menggerakkan” benda-benda yang perlu bergerak dalam game. Mereka juga bertanggungjawab pada cut-scene, lip-sync, sprite karakter dan efek-efek visual dalam game.

4)      Audio part
Audio part bertujuan untuk memberikan efek suara pada Game. Efek suara bertujuan agar kesan terhadap game tersebut bisa didapat dan efek suara akan membuat Game terasa lebih menarik.

Composer
adalah orang yang bertanggung jawab membuat lagu untuk game, yang bias digunakan sebagai background music atau soundtrack game. Seperti namanya, composer bertugas memberi suara pada game. Suara ini dibagi menjadi dua, yaitu BGM (background music) dan SFX (sound efek). BGM merupakan musik latar pada game dan SFX merupakan suara-suara seperti suara menekan tombol, suara ketika melakukan aksi, dll.

a.       Voice Over
Voice over atau dubbing adalah rekaman suara manusia yang dimasukkan dalam game sebagai suara karakter dalam game.
b.       Sound Effects
Sound effects adalah efek suara yang ditambahkan ke dalam game, contohnya suara ledakan atau tembakan.

Game Tools

Banyak sekali Game-Game yang bermunculan saat ini tapi sedikit yang tidak tahu proses, cara pembuatan hingga software yang diperlukan. Disini saya akan menjelaskan apa itu Game Tools. Game Tools adalah software aplikasi spesial yang menangani dan memfasilitasi dalam membuat game baik PC ataupun konsol. Pada game tools terdapat fungsi yang menyertai konversi yang diperlukan dalam pembuatan game (seperti 3D models, texture, level editing, script compilation, dll). Dengan ini teman-teman semua jadi lebih tahu tentang basic pembuatan game.

Berikut beberapa Game tools / software yang saya dapat dari seorang blogger.
1. 3D Game Maker
2. 3D Game Studio
3. Jamagic
4. Blitz 3D
6. Game Maker
7. Play Basic
8. FPS Creator
9. Wintermute Engine (Shareware)
10. Torque Series

Setelah kita mengetahui tentang dasar pembuatan game yaitu software atau fasilitas pembuat game, saya akan menjelaskan tentang Game Engine dan Graphics Design Accelerometer, apa itu Game Engine? Silahkan lihat Post dibawah ini.
-          Game engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting, animasi, artificial intelligence, networking, memory management, threading dan scene graph. Game engines memberikan perangkat untuk visual development dengan tambahan komponen perangkat lunak yang dapat dipakai berulang kali. Perangkat ini pada umumnya memberikan integrated development environment yang dapat mempermudah, serta mempercepat pengembangan game.Game engine juga sering disebut juga “Game Middleware”. Game Middleware adalah software yang didalamnya sudah terdapat elemen-elemen yang dibutuhkan oleh seorang game developer, kebanyakan dari game middleware memberikan fasilitas guna menunjang pengembangan game dengan mudah seperti graphics, sound dan Artificial intelligence.
Beberapa elemen yang ada di dalam game engine adalah :
a.       Tools/Data
b.      System
c.       Console
d.      Support
e.       Renderer/Engine Core
f.       Game Interface
g.       The Game
-          Graphics Design Accelerometer adalah perangkat yang befungsi untuk mengukur ketepatan akselerasi pada grafik desain.
 


Hardware
Banyak sekali hardware yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah Game. Sebelum kita biacarakan
tentang hardware untuk game, saja jelaskan secara singkat terlebih dahulu apa itu Hardware. Hardware
adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi
untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Beberapa Hardware yang harus dipersiapkan dalam pembuatan Game ataupun bermain Game secara umum.
1.      RAM minimal sebesar 512mb
2.      Harddisk berkapasitas 40gb
3.      MotherBoard, sebisa mungkin kita cari yang memang diperuntukkan untuk game agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti Lag.
4.      Prossesor Intel minimal Pentium 4
 


Sejarah Perkembangan Game

Disini saya akan jelaskan mengenai asal usul permainan video/video game, asal usul tersebut terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an.  Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pun turut bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.

Beberapa perkembangan Game dari masa ke masa.

a.       Generasi Pertama (1972), dengan merilis dari Magnavox Odyssey
b.  Generasi kedua (1976 era 8bit), dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video system.
c.   Generasi Ketiga (1983), dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia).
d.    Generasi keempat (1988 era 16bit, dengan Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis).
e.  Generasi kelima (era 32bit), dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation.
f.       Generasi keenam, Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox.
g.    Generasi ketujuh, Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.


Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Akselerometer



 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar