**WELCOME TO MY BLOG**

bintang

Selasa, 30 September 2014

Motivasi Belajar


Nama  : Ratih Nurdiyani Sari
Kelas    : 4IA12
NPM    : 55411894

Motivasi Belajar

            Apa itu Motivasi Belajar? Sebelum itu saya ingin menjelaskan arti Motivasi menurut pendapat saya. Motivasi adalah suatu dorongan untuk melakukan sesuatu agar mencapai tujuannya. Sedangkan Motivasi Belajar adalah suatu dorongan untuk mempelajari suatu hal atau bisa juga keinginan untuk belajar atau mempelajari hal baru. Motivasi sendiri bisa datang dari mana saja, bisa dari orang tua, sahabat, keluarga, guru ataupun idola.  Motivasi Belajar tidak hanya diperlukan untuk anak-anak ataupun remaja, para orang tua atau lanjut usia pun memerlukannya untuk pengetahuan tentang masa sekarang.
            Motivasi Belajar yang sering terjadi di masyarakat adalah ketika seseorang melihat suatu kejadian atau merasakan langsung kejadian tersebut barulah seseorang merasa termotivasi untuk melakukan sesuatu. Seperti contoh ketika seseorang bermalas-malasan saat menghadapi ujian, di satu sisi sahabatnya sedang berusaha keras memperdalam pengetahuannya sebelum ujian dan di akhir ujian orang itu melihat sahabatnya mendapat nilai yang baik, barulah ia merasa termotivasi agar bisa mendapat nilai yang lebih dari sahabatnya. Motivasi Belajar sendiri bisa didapat ketika sedang mengerjakan sesuatu seperti travelling, mendengarkan musik, ataupun ikut kegiatan sosial baik dari sekolah, kampus maupun sekitar rumah.
            Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk meningkatkan Motivasi Belajar anak-anaknya seperti memberi pujian, hadiah, memberi nasihat danlain sebagainya agar anak merasa usaha  yang mereka lakukan tidak sia-sia. Jika diklasifikasikan menurut teori Motivasi ada yang berasal dari dalam yaitu diri kita sendiri dan ada juga yang berasal dari luar seperti yang saya sebutkan sebelumnya yaitu teman, orang tua dan guru. Saingan dan hukuman juga menjadi salah satu factor terbentuknya motivasi seseorang karena merasa mempunyai saingan maka seseorang akan merasa ingin lebih dari saingannya seperti yang sudah saya contohkan sebelumnya dan hukuman agar seseorang merasa tersadar akan perbuatannya yang salah.
            Mempunyai cita-cita dan ambisi juga bisa menjadi faktor adanya motivasi belajar dalam diri seseorang. Ketika mempunyai cita-cita dan ambisi seseorang akan selalu merasa keinginannya harus segera terpenuhi. Selain itu untuk siswa maupun mahasiswa motivasi belajar juga bisa didapatkan di kelas seperti suasana kelas yang menyenangkan, mempunyai teman berbagi dan juga pengajar yang mengajar dengan menyenangkan dan tak terlalu membebani siswanya, maka siswanya akan termotivasi untuk belajar karena ia merasa mengerjakan sesuatu yang menyenangkan.
            Sekian tulisan saya mengenai Motivasi Belajar semoga dapat diterima dan dipahami sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar